The Piecemaking Weapon from Banten

Sambutan DPRD BANTEN

Salah satu kekayaan yang ditemukan di masyarakat kita adalah produk budaya. Yang disebut produk budaya, tentu bukan hanya kesenian semata, melainkan juga nilai, norma, tradisi, dan ritual lainnya yang didasarkan pada kearifan lokal masyarakatnya. Salah satu kekayaan budaya Banten adalah Golok Ciomas. Banyak yang memaknai golok ciomas sebagai senjata,( itu dahulu ), akan tetapi lebih dari itu di era modernisasi saat ini , Golok Ciomas sebenarnya bukan bermakna utama sebagai senjata, melainkan produk budaya yang memiliki nilai tinggi.
Dalam budaya Golok Ciomas terdapat berbagai nilai yang dapat kita selami. Di antaranya nilai kerja keras , kesabaran dan ketekunan. Mengapa, karena pembuatan golok ini memerlukan waktu lama dan energi yang besar. Oleh karena itu produksi golok ciomas memerlukan mentalitas orang yang mampu bekerja keras , sabar dan tekun. Lebih dari itu pula, pembuatan golok Ciomas memerlukan aturan, tata cara, dan tahapan yang teratur dan terstruktur. Proses pembuatannya akan melatih orang untuk memiliki budaya kerja keras, tekun, konsisten, dan taat aturan. Bahkan yang sangat mengagumkan, golok ciomas sebenarnya bukanlah senjata untuk menyakiti orang lain, Golok ciomas justru terlahir sebagai produk persahabatan dan mencegah orang lain tersakiti.
Atas dasar itulah, saya selaku Ketua DPRD Banten memberi apresiasi yang tinggi kepada pemrakarsa penerbitan Buku Golok Ciomas hikayat dan keistimewaannya sebagai salah satu upaya untuk memberi gambaran yang lengkap mengenai citra Golok Ciomas sekaligus melestarikannya dalam bentuk dokumentasi yang baik. Ke depan, saya mengaharpkan produk budaya lainnya didokumentasikan dalam bentuk buku yang dapat menjadi informasi bagi masyarakat yang akan datang.
Tentu sangat banyak produk budaya banten yang masih belum tergali secara baik. Hal ini juga merupakan tantangan bagi kita semua untuk mengupayakan munculnya buku-buku sejenis yang bermanfaat bagi kemajuan Banten. Saya mengharapkan semua pihak ikut mewujudkan mimpi kita bersama yakni melahirkan Banten yang maju dan masyarakatnya yang sejahtera. Salah satu kunci untuk menuju ke sana adalah dengan melihat potret budaya kita yang sangat bernilai dan memberi warna bagi banten ke depan.
Banten, 7 Agustus 2011
Ketua DPRD Banten

H. AENG HAERUDIN

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz