The Piecemaking Weapon from Banten

Sambutan Gubernur Banten

Saya menyambut baik diterbitkannya buku Golok Ciomas, sebagai bagian dari upaya untuk mendokumentasikan kekayaan budaya Banten yang selama ini hanya berkembang di tataran budaya lisan. Padahal melalui budaya lisan, upaya pelestarian budaya tidak dapat dilakukan secara luas dan terdokumentasi dengan baik. Sehingga penerbitan buku ini merupakan solusi bagi upaya penyebaran dan pelestrian budaya Banten.
Upaya untuk mendokumentasikan kekayaan budaya merupakan upaya yang memberi manfaat terhadap banyak hal. Pertama, kekayaan tersebut dapat diketahui oleh anak-anak kita di masa depan melalui produk dokumentasi antara lain buku-buku seperti ini. Kedua, penyebaran informasi budaya yang tercetak dalam buku-buku dapat menyebar secara luas ke berbagai daerah bahkan ke berbagai negara, sehingga kejayaan Banten di masa lalu dapat diketahui secara luas pula oleh seluruh Bangsa di dunia. Ketiga, informasi budaya ini dapat menjadi bahan ajar yang dipelajari di sekolah-sekolah. Mengenal budaya lokal merupakan bagian penting dalam pendidikan anak. Sebab, dengan mengenal budaya tempat di mana ia tinggal, dapat meningkatkan kearifan lokal pada diri anak-anak tersebut.
Oleh karena itu, selaku Gubernur Banten, saya mendukung upaya penerbitan buku ini, dan diharapkan buku ini menjadi pemicu munculnya buku-buku yang berisi potret khazanah budaya Banten lainnya. Kita menyadari bahwa di masyarakat, budaya itu begitu banyak menyebar melalui tradisi lisan. Semua itu akan memberi makna yang besar apabila didokumentasikan ke dalam bentuk cetakan. Makin banyak kekayaan budaya itu diterbitkan, maka kekayaan budaya Banten akan semakin terdokumentasi secara lengkap dan tersebar secara luas. Hal demikian pada gilirannya dapat melestarikan budaya Banten secara turun temurun dan dapat terus hidup di masyarakat hingga masa yang akan datang.
Saya mengharapkan semua elemen masyarakat Banten mengapresiasi buku ini, juga buku-buku sejenis lainnya, untuk bersama-sama meningkatkan kemajuan Banten melalui pelestarian budaya. Sungguh budaya Banten merupakan kekayaan tak ternilai bagi kemajuan Banten di masa yang akan datang. Karena tidak ada masa depan gemilang, tanpa belajar dari budaya di masa lalu yang memiliki nilai-nilai luhur.
Akhirul kalam, selaku Gubernur Banten, saya mengajak seluruh masyarakat Banten untuk terus mengembangkan dan melestarikan kekayaan budaya Banten dan memberi dukungan kepada mereka yang melakukan upaya tersebut, salah satunya melalui penerbitan buku.
Banten, 1 Agustus 2011
Gubernur Banten

Hj.RATU ATUT CHOSIYAH ,SE

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz